Kamis, 22 Maret 2012

Hanya oleh Darah Yesus

(Nothing but the blood of Jesus)
Musik & Lirik: Robert Lowry

Paulus menuliskan dalam Roma 3:25: “Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya.” Darah Tuhan Yesus Kristus yang tercurah itu untuk menebus orang yang berdosa. Seperti yang dituliskan dalam lagu ini, apakah yang bisa menyucikan kita dari dosa? “Nothing but the blood of Jesus”. Bagaimanakah kalian selamat? Hanya karena darah Yesus yang sudah menyucikan kita. Keselamatan yang sudah kita peroleh adalah karena Kristus yang sudah mengorbankan diriNya untuk menebus kita. Dosa kita sudah diampuni karena darah Kristus yang sudah tercurah untuk kita yang berdosa, seperti dikatakan dalam Ibrani 9:22, “Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan”.

Penulis lagu ini adalah Pendeta Robert Lowry. Dia lahir pada 12 Maret 1862 di Philadelphia. Pendeta Robert menerima Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat hidupnya pada saat berumur 17 tahun. Dia menyerahkan dirinya untuk melayani Tuhan seumur hidup. Setelah lulus dari SMA, dia melanjutkan di Bucknell University. Kemudian dia melayani di gereja yang ada di Philadelphia, New jersey, New York City dan Brooklyn. Dia melayani sampai berumur 73 tahun. Selain berkotbah, dia juga menulis lagu. Salah satu lagu yang dia tulis adalah “Nothing but the Blood of Jesus”. Dia juga menuliskan musik untuk lagu-lagu hymn yang lain seperti “Berjalan ke Sion, Ya Tuhan tiap jam, Sepanjang jalan Tuhan pimpin. Adakah diantara kalian mengenal lagu-lagu yang dia tulis ini? Kalau belum, coba kalian cari lagu-lagu ini. Kalian akan semakin banyak mengenal lagu hymn.

Bagaimana Robert Lowry menuliskan suatu musik? Dia mengatakan:
I have no set method. Sometimes, the music comes and the words follow…. I watch my moods, and when anything strikes me, whether words or music, no matter where I am, at home or on the street, I jot it down…. My brain is sort of a spinning machine, for there is music running through it all the time. The tunes of nearly all the hymns I have written have been completed on paper, before I tried them on the organ. Frequently, the words of the hymn and the music have been written at the same time.

[Aku tidak punya metode tertentu. Kadang-kadang, music itu datang dengan diikuti kata-kata. … ketika perasaanku tersentuh oleh musik atau pun kata-kata entah itu di rumah atau pun di jalanan, aku langsung menulis sebuah lagu. … musik selalu ada dalam pikiranku setiap waktu. Aku menuliskan nada-nada dulu lalu mencobanya di organ. Seringkali, kata-kata dan melodi dari suatu lagu ku tuliskan pada saat bersamaan]

Kalian juga bisa menuliskan music untuk Tuhan. Mau coba?

Disadur dari: 101 Hymn Stories oleh Kenneth W. Osbeck dan The Worshiping Church.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar