Kamis, 22 Maret 2012

Di Bukit Golgota

(The Old Rugged Cross)
Musik & Lirik: George Benhard, 1913

Lagu ini ditulis oleh George Benhard pada 1913. Lagu ini menjadi salah satu lagu kristen yang paling terkenal. George Benhard dilahirkan di Youngstown, Ohio, tetapi tidak lama kemudian pindah ke kota yang lain bersama dengan orang tuanya. George Benhard menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya ketika ia masih muda. Setelah kematian ayahnya, waktu itu George belum berumur 16 tahun, ia terlibat dalam pelayanan Bala Keselamatan. Setelah waktu yang cukup lama melayani, Benhard ditahbiskan oleh Gereja Episkopal Methodist. Pelayanannya menjadi berkat dan dia sangat dihormati. Ia juga terlibat dalam pelayanan KKR (Kebaktian Kebangunan Rohani) di beberapa tempat seperti Michigan dan New York. Mengenai lagu ini, ia menuliskan:

Inspirasi itu datang kepadaku suatu hari di tahun 1913, ketika aku sedang tinggal di Albion, Michigan. Aku mulai menulis "Di Bukit Golgota". Aku menggubah melodinya dulu. Kata-kata yang kutulis pertama kali tidak sempurna. Kata-kata dari lagu yang sudah selesai masuk dalam hatiku sebagai jawaban atas keperluanku sendiri.

Tidak lama setelah menulis lagu ini, George Benhard mengirim sebuah salinan lagu ini kepada Charles Gabriel, salah satu komposer kristen yang terkenal saat itu. Charles Gabriel menyatakan bahwa lagu itu akan disukai banyak orang. Lagu ini diperkenalkan pada pertemuan-pertemuan khusus di Pokagon, Michigan, pada 7 Juni 1913. Acara pertama dimana lagu ini diperdengarkan di luar gereja di Pokagon adalah di Chicago Evangelistic Institute. Di sana lagu ini diperkenalkan kepada sebuah konvensi besar dan segera menjadi sangat populer di seluruh negara.

Benhard melanjutkan pelayanan penginjilannya selama empat puluh tahun setelah penulisan lagu ini. Ia menulis beberapa lagu kristen yang lain tapi yang sangat terkenal adalah lagu "Di Bukit Golgota". Pada 9 Oktober 1958, Ia meninggal. Di Michigan terdapat salib setinggi dua belas kaki (3,6 meter) dengan kata-kata: "The Old Rugged Cross" (Di Bukit Golgota) - Rumah George Benhard, komposer dari lagu tercinta ini.



Dalam 1 Petrus 2:24 dikatakan: "Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar