Kamis, 22 Maret 2012

Dengarlah Malak Menyanyi

(Hark! The Herald Angels Sings)
Lirik: Charles Wesley
Musik : Felix Mendelssohn

Lagu ini pertama kali diperkenalkan pada natal 1739. Liriknya ditulis oleh Charles Wesley (18 Desember 1707 - 29 Maret 1788). Dia adalah salah satu pemimpin dari gerakan methodist di Inggris. Saudaranya, John Wesley adalah seorang sangat dikenal karena kotbahnya, sedangkan Charles dikenal karena lagu-lagu hymn yang dia tulis begitu banyak dan indah.  Charles menuliskan lebih dari 6.500 hymn. "Dengarlah Malak Menyanyi" ditulisnya satu tahun setelah pertobatannya pada tahun 1738. Kemudian, hymn ini menjadi salah satu hymn dalam bahasa inggris yang begitu popular.

William H. Cummings yang kemudian merangkaikan puisi "Dengarlah Malak Menyanyi" ini dengan karya musik dari Mendelssohn. Musiknya menggunakan melodi yang ditulis oleh Felix Mendelssohn dalam rangka merayakan 400 tahun penemuan mesin cetak Gutenberg. Felix Mendelssohn sendiri adalah seorang Yahudi Kristen yang lahir di Hamburg pada 3 Februari 1809 dan meninggal di Leipzig pada 4 November 1847. Dia dikenal sebagai salah satu musisi yang luar biasa dalam sejarah musik. Dia pandai sekali bermain piano dan juga menuliskan suatu musik yang indah. Ketika lirik dari Charles Wesley ini bertemu dengan musik yang dibuat oleh Mendelssohn, lagu ini menjadi salah satu lagu yang indah dan begitu dikenal orang kristen.

Lagu ini terinspirasi dari Lukas 2:14. Dimana bercerita tentang kelahiran Yesus Kristus, Juruselamat Dunia. Pada suatu malam di Bethlehem, para gembala mendengar malaikat bernyanyi: "Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya" (Lukas 2:14). Kemudian para gembala pergi dan bertemu dengan bayi Yesus Kristus. Kelahiran Yesus Kristus memberikan harapan kepada manusia berdosa. Siapa yang percaya kepada Yesus Kristus tidak akan binasa tapi beroleh hidup yang kekal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar