Sabtu, 05 Desember 2020

Beritakanlah di Gunung

(Go Tell It on The Mountain)

Teks & Musik: John W. Work Jr. 


Teks himne ini ditulis oleh John Wesley Work Junior (1871-1925). Ia adalah seorang musisi Kristen kelahiran Afrika-Amerika. Ia dikenal juga sebagai John Wesley Work II untuk membedakan dengan anaknya bernama John Wesley Work III. Ia dan saudaranya bernama Frederick J. Work (1871-1925) tergerak untuk memadukan musik tradisional Afrika-Amerika dengan kebenaran iman Kristen. Salah satu lagu gubahannya yaitu “Beritakanlah di Gunung.” Himne ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1907 dalam buku Folk Songs of the American Negro. Sejak itulah, himne ini menjadi semakin dikenal luas. 

Teks himne sederhana ini menyampaikan kisah natal berdasarkan Lukas 2:8-20. Himne ini diawali dengan kisah gembala yang sedang menjaga domba-dombanya di padang. Tiba-tiba datanglah seorang malaikat Tuhan sehingga para gembala menjadi ketakutan. Suatu pengalaman yang tidak pernah terjadi selama hidup mereka bahkan selama ratusan tahun di Israel. Malaikat menyampai berita yang sangat menggembirakan bagi para gembala bahkan seluruh umat manusia berdosa. Suatu kabar baik bahwa Kristus Sang Juruselamat telah lahir di Betlehem. Mereka pun pergi ke Betlehem. Mereka berjumpa dengan Sang Juruselamat yang mulia lahir sebagai seorang bayi yang tak berdaya. Namun kemuliaan-Nya nampak jelas sehingga membuat para gembala bersukacita dan memuji Allah. Berita sukacita ini harus terus diberitakan sampai ke ujung bumi di sepanjang sejarah bahwa Yesus Kristus Sang Juruselamat telah lahir. Dia-lah Tuhan dan Juruselamat Dunia. 



Angels Announcing the Birth of Christ to the Shepherds (1615) by Govert Flinck

Sumber Bacaan:

Osbeck, Kenneth W. 2002. Amazing Grace: 366 Inspiring Hymn Stories for Daily Devotions. Grand Rapids: Kregel Publications.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar