Senin, 29 Maret 2010

Pembuktian kebenaran Kristus 4

Ketiga pokok pembahasan di atas adalah pembahasan mengenai Bab 1 buku “The Case for Christ by Lee Strobel.” Masalah2 yang dipaparkan yaitu : saksi mata, celah waktu dan salinan. Masalah2 ini adalah masalah yang bersifat internal. Sekarang kita beralih kepada masalah eksternal yaitu apakah ada bukti2 yang terdapat di luar dari penjelasan di atas ?

Jawab:
Ada. bukti2 eksternal tersebut yaitu,
Dokumen2 yang diluar PB, secara singkat, ada 39 sumber di luar PB yang mencatat tentang Yesus.

Arkeologi. Misalnya dalam peristiwa pembunuhan anak2 oleh Herodes.
Cuma Matius yang mencatat hal ini. Josephus saja yang menulis begitu lengkap (sampai dengan perasaan Herodes pun ia tulis) tentang Herodes tidak menulis tentang ini. Maka mulai ada penelitian tentang hal ini.

Herodes dikenal sebagai seorang arsitek yang berbakat. Ia membangun 20 benteng tersembunyi. Namun ia tidak diterima sebagai kaisar oleh rakyatnya. Setelah diselidiki ternyata Herodes takut bahwa kekuasaan akan direbut oleh orang lain. Hal ini semakin nyata ketika ditemukan bukti bahwa ia membunuh orang2 yang mencoba merebut kekuasaannya. Pertama ia membunuh Aristobulus, adik dari isterinya sendiri, lalu 2 anaknya, isterinya, ibu mertuanya dan Antiphater.

Peristiwa orang2 majus datang kepada Herodes adalah bertepatan dengan tahun dimana ia membunuh 2 anaknya, maka muncul 2 pendapat tentang hal ini yaitu sebagai berikut,
Kemungkinan Matius bingung karena orang2 majus datang pada tahun yang sama ketika ia membunuh anak2nya sehingga Matius menulis bahwa ia telah membunuh anak2.
Karena peristiwa ini memang terjadi yaitu Herodes membunuh anak2nya dan juga anak2 di daerah kekuasaannya karena mendengar berita, bahwa seorang raja akan lahir, dari orang2 majus. Maka Matius menuliskan hal ini.

Saudara2, iman kristen bukanlah iman yang tanpa pengetahuan. Bukan asal percaya dan pokoknya saja. Tapi iman kristen adalah iman yang juga berdasarkan fakta sejarah. Sekarang ini ada 2 pernyataan mengenai Yesus yaitu,

1. Yesus adalah benar2 ada dalam sejarah dan juga yang dinyatakan oleh alkitab adalah benar.
2. Yesus hanya sebatas ideologi manusia saja. Perwujudan manusia yang sempurna yang dituangkan dalam suatu tulisan – oleh kaum liberal.

Apakah perbedaan antara kedua pernyataan ini. Kalau kita menolak pernyataan yang ke-1 maka kita telah menolak suatu fakta sejarah. sedangkan apabila kita menolak yang ke-2, kita hanyalah menolak suatu gagasan atau suatu pengajaran saja.

Dalam bukunya ini Lee strobel membaginya menjadi 3 Bab besar yaitu tentang dokumen2, ke-Tuhan-an Yesus dan kebangkitan Yesus. Dan yang baru saja kita bahas adalah Bab yang pertama. Namun kita harus menyadari bahwa tidak semua orang bisa percaya kepada sebuah pembuktian intelektual seperti ini. Bukan berarti intelektual tidak perlu. Karena di negara Indonesia ini banyak yang beranggapan bahwa alkitab yang kita pegang sekarang ini telah dipalsukan, ini adalah pernyataan yang berasal dari abad ke-7 dan masih ada hingga sekarang. Untuk itu kita perlu mengetahui mengenai kebenaran alkitab dengan pembuktian sejarah. Pembuktian secara intelektual ini tidaklah berguna bagi,

a. Orang yang kecewa kepada Tuhan. Orang seperti ini ingin bukti yang bersifat pribadi yaitu yang dialami secara langsung oleh mereka.
b. Orang yang stress. Orang seperti ini mencari kelegaan bukan hal yang justru memusingkan mereka, misalnya saja kesembuhan.
c. Orang yang mencari Allah menurut kehendaknya sendiri. Mereka menginginkan Allah seperti yang mereka mau. Misalnya saja tentang Yesus yang ditulis dalam kitab masa kecil Yesus. Di situ ditulis bahwa Yesus ingin menyenangkan kita, ia sangat murah dalam hal mujizat.
d. Orang (antikristen) yang takut hidupnya berubah. Mereka takut kehilangan kesenangan (kenikmatan) hidupyang mereka miliki dan alami sekarang tidak akan mereka dapatkan lagi ketika mereka menjadi seorang kristen. Karena seorang kristen haruslah menanggung salibnya.
e. Orang yang menanggapi segala sesuatu sebagai informasi belaka. Karena sekarang ini (Postmodern = berbeda dengan modern) banyak sekali orang yang bingung dalam menghadapi sesuatu hal dengan respon yang serius atau sebaliknya. Semua orang cenderung cuek dan tidak mau tahu.

Sudah selayaknyalah kita mengucap syukur kepada-Nya yang telah berkenan memberikan kita anugerah dan mengangkat kita menjadi anak2Nya. Setidaknya ada 3 hal yang menyebabkan orang menjadi seorang yang percaya, yaitu : 1. Melalui kesaksian hidup, 2. Karya Roh Kudus, 3. Pemilihan Tuhan.

* Yang menjadi pertanyaan sekarang Bagaimanakah keputusan Tuhan tentang anda ? karena keputusan Tuhan tentang anda menentukan masa depan anda. Soli Deo Gloria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar